RPP MICRO (Nailul muna)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

 

Mata Pelajaran               :  Bahasa Inggris

Pertemuan                      :  2

Kelas / Semester             :  X/II

Alokasi Waktu               :  1 x 25 menit

 

Standar Kompetensi

 

Berkomunikasi dengan bahasa inggris setara elmentary

Kompetensi Dasar

Menceritakan suatu kegiatan yang  akan telah selesai di waktu yang akan datang

Indikator

 

  • Siswa mengenali bentuk kalimat Present Future Perfect.
  • Siswa mengenali makna kalimat Present Future Perfect.
  • Siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat Present Future Perfect.

 

 

 

  1. A.      Tujuan Pembelajaran

 

  • Siswa dapat mengetahui dengan benar bentuk kalimat Present Future Perfect.
  • Siswa dapat mengidentifikasi makna kalimat Present Future Perfect
  • Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kalimat Present Future Perfect.

 

  1. B.       Materi Pembelajaran

 

  • Present Future Perfect Tense
    • We use the Present Future Perfect Tense :

To express an action will have been completed (finished or “perfected”) in the future.

 

E.g.

–  I will have arrived in Surabaya tomorrow morning

 

  • The Form

 

TYPE

FORM

EXAMPLES

POSITIVE

S + WILL/SHALL + HAVE/HAS +VERB 3

He will have killed the pig tonight

NEGATIVE

S + WILL/SHALL + HAVE/HAS NOT + VERB 3

He will not have killed the pig tonight

INTERROGATIVE

WILL/SHALL + Subject + HAVE/HAS + VERB 3

Will he have killed the pig tonight?

B. The Usage
       1. Menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang akan telah terjadi atau akan  telah selesai dilakukan di waktu tertentu di masa yang akan datang.

E.g. everyone will have been here by tomorrow morning        

2. Menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang akan telah terjadi atau akan  telah selesai dilakukan ketika terjadi peristiwa yang lainnya di masa yang akan  datang.
 E.g. I shall have gone to bed by the time my parents come home.

3. Menyatakan suatu perbuatan yang sudah berlangsung di masa sebelumnya dan            perbuatan tersebut akan telah selesai dilakukan di waktu tertentu di masa yang  akan datang ataupun ketika peristiwa lainnya terjadi di masa yang akan  datang.

 E.g. He will have finished reading the novel by the end of this month.

   4. Menyatakan suatu perkiraan atau kemungkinan bahwa suatu peristiwa atau  perbuatan akan telah terjadi atau akan  telah selesai dilakukan pada waktu  tertentu di masa yang akan datang.

 ex : I suppose they will have finished the work by the end of this week. It’s a  very difficult thing to finish quickly.

Nilai Karakteristik Kebangsaan

  • Religious, jujur, komunikatif, disiplin, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli social.

 

  1. C.      Metode Pembelajaran / Teknik :

 

Cooperative Learning or discussion.

 

  1. D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Guru

Siswa

Pendahuluan

  • Memberi salam (keriligiusan)
  • Berdoa (keriligiusan)
  • Mengecek kehadiran siswa (kedisiplinan)
  • Lead in
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini (tanggung jawab).
  • Menjawab salam (kereligiusan)
  • Berdoa (keriligiusan)
  • Memberi keterangan hadir atau tidak siswa (kedisiplinan)
  • Lead in
  • Mengenali maksud dari kalimat yang diberikan.
 

5

Menit

Kegiatan Inti

Explorasi

  • Memberikan definisi dari Present Future perfect.
  • Memberikan rumus dan contoh-contoh mengenai Present Future Perfect.

 

Elaborasi

  • Membagikan kartu kepada siswa. Memberi instruksi bahwa kartu yang diterima setiap siswa memiliki tujuan.
  • Menyuruh siswa memahami kalimat present future perfect berdasarkan statement yang tertera pada 1 kartu yang telah di bacakan oleh temannya.

Contoh : Card A, We will have worked tomorrow morning.

Card B, Siswa menunjukkan kartu biru “RIGHT” jika kalimat yang di bacakan adalah kalimat present future perfect.

Card C, Siswa menunjukkan kartu merah “WRONG” kepada temannya apabila kalimat yang di bacakannya bukan kalimat present future perfect.

Konfirmasi

  • Memberikan penguatan pada materi yang penting. (tanggung jawab).
  • Memberikan applus dan reward kepada 2 pasangan yang kinerja nya cepat dan baik.

Explorasi

  • Mengenali dan memahami pengertian dari present future perfect
  • Mengenal rumus- rumus dan memahami contoh dari present future perfect.

Elaborasi

  • Menerima kartu dan  mendengarkan instruksi
  • Mendengarkan pasangannya membaca kalimat dengan segera menunjukkan kartu  biru bila kalimat benar.
  • Mendengarkan pasangannya membaca kalimat dengan segera menunjukkan kartu merah bila kalimat itu salah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Konfirmasi

  • Merespon materi yang disampaikan (rasa ingin tahu)
  • Memberikan applus kepada 2  pasangan yang kinerja nya cepat dan baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17menit

 

Kegiatan Penutup

  • Mengadakan refleksi tentang kegiatan pembelajaran hari ini (tanggung jawab).
  • Memberi tugas mandiri (PR) (tanggung jawab, mandiri)
  • Merefleksi tentang kegiatan pembelajaran hari ini (tanggung jawab)
  • Mengerjakan tugas (tanggung jawab, mandiri, disiplin)
 

3

Menit

 

  1. E.       Sumber Belajar

 

  • Buku bahasa inggris SMA kelas XII Hal.48

 

  1. F.       Penilaian

Teknik / Jenis Penilaian

Bentuk Instrument

Performance Assesment (Responding)

Membuat kalimat dalam bentuk Present future Perfect.

 

 

  1. Test Tertulis                                                                    Total Nilai       :           100

No

Pertanyaan

Jawaban

Skor

 

 

 

 

 

  1. 2.        Format Pengamatan Nilai-Nilai Karakter

N

O

Indicator Nilai

Karakter

No. Daftar Hadir Peserta Didik *)

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

1

Menaati aturan diskusi seperti mengacungkan tangan sebelum memberikan pendapat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Menghargai/tidak mencela pendapat teman yang kurang tepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Memberi kesempatan semua anggota kelompok untuk mengajukan pendapat/tidak memonopoli diskusi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Tidak membedakan antara pendapat teman pria dan wanita

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Santun dalam berargumentasi/mempertahankan pendapat yang berbeda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Tidak memaksakan kehendak/memaksa kelompok untuk menerima pendapatnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Mau mengakui kesalahannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Menunjukkan sikap menerima hasil diskusi kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah BT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah MT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah MB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah MK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*) Diisi dengan :

  • BT (Belum Terlihat) – jika peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator.
  • MT (Mulai Terlihat) – jika peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator, tetapi belum konsisten.
  • MB (Mulai Berkembang) – jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator.
  • MK (Menjadi Kebiasaan) – jika peserta didik terus menerus/konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator.

 

 

             

 

 Mengetahui                                                                            Langsa,            April 2012

Kepala SMA Negeri 101 Langsa                                                              Guru Mata Diklat

 

 

           Zakia Izzati, S.Ag                                                                         Nailul Muna

    NIP. 19731128 200504 2 001                   

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: