Micro Teaching RPP part 2 (Astia Lili Erminda)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

                                      

Nama Sekolah           : SMA Negeri Citra Bangsa

Kelas/Semester          : X/I

Nama Pelajaran        : Bahasa Inggris

Skill/Fokus                 : Mendengarkan

Alokasi Waktu           : 15 menit

 

  1. I.                   Standar Kompetensi

Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

  1. II.                Kompetensi Dasar

Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks recount, narrative, dan procedure.

 

  1. III.             Tujuan Pembelajaran
    1. 1.      Kognitif

Produk      : Mengetahui dengan benar isi dari teks procedure.

Proses        : Memahami makna di dalam teks procedure.

 

2. Psikomotor

  1. Mendengarkan dengan benar isi dari teks procedure.
  2. 2.      Merespon dan memahami berbagai konteks dari teks procedure.

 

3.   Afektif (Karakter sosial dan individu)

      Karakter

  1. Ikut serta dalam semua aktifitas pembelajran selama proses pelajaran.
  2. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

 

Sikap

  1. Ikut serta dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada learner-centered.
  2. Bertanya dengan sopan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
  3. Mendengar pendapat orang lain dengan baik tanpa menyanggah atau memotong.
  4. Berkomunikasi dengan baik, atau apa yang harus diucapkan, dimana, dan kepada siapa.
  5. Berpendapat secara baik dalam diskusi.

 

  1. IV.             Indikator
    1. 1.      Kognitif

 Produk     : Mengetahui dengan benar isi dari teks procedure.

                   Proses       : Memahami makna di dalam teks procedure.

 

  1. 2.      Psikomotor
    1. Mendengarkan dengan benar isi dari teks procedure.
    2. Merespon dan memahami berbagai konteks dari teks procedure.

 

 

 3.   Afektif (Karakter sosial dan individu)

                  Karakter

  1. Ikut serta dalam semua aktifitas pembelajaran selama proses pelajaran.
  2. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

 

Sikap

  1. Ikut serta dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada learner-centered.
  2. Bertanya dengan sopan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
  3. Mendengar pendapat orang lain dengan baik tanpa menyanggah atau memotong.
  4. Berkomunikasi dengan baik, atau apa yang harus diucapkan, dimana, dan kepada siapa.
  5. Berpendapat secara baik dalam diskusi.

 

 

  1. V.                Mode of Learning

Method           : Communicative Language Teaching (CLT)

Technique      : Simulation

 

 

  1. VI.             Learning Material

 

 

PROCEDURE

 

Purpose :

To help us do a task something. They can be a set of instructions or directions.

 

Text Organization :

  • Goal (the final purpose of doing the instructions)
  • Materials (ingredients, utensils, equipment to do the instructions)
  • Steps (a set of instructions to achieve the final purpose)

 

Language Features :

  • Use of imperatives

e.g.: (cut, don’t mix)

  • Use of action verbs

e.g.: (turn, put, mix)

  • Use of connectives

e.g.: (first, then, finally, …)

  • Use of adverbial phrases

e.g.: (for five minutes, 2 centimeters from the top)

 

 

 

 

 

Demonstration in front of the class

 

 

How to make a Cup of tea

Tools and materials :

  • 1 piece of glass
  • Tea spoon
  • 1 piece of tea bag
  • Sugar
  • Hot water

 

Steps :

 

First, put a tea bag into a cup have been provided. Then, pour the boiling water. After that, add sugar to taste. Next, dip the tea to produce a reddish color. Then, stir tea with a tea spoon until sugar dissolves. Now, a cup of tea is ready to serve.

 

 

Fill in the blank!

 

How to make instant noodles

 

          Look, here, we’re going to make instant fried noodles, okay? Listen to me. First (1), heat a saucepan of water until it boils. Then (2), put the noodles in the boiling water. Meanwhile (3), put the seasoning and oil into a plate. Then (4), the noodles are cooked, take them out of the water and drain well. After that (5), mix the noodles well and don’t forget to (6) put some chili sauce and the soy-bean sauce. Next (7), serve the noodles on a plate and finally (8) top them with fried onions and garnish them with a slice of tomato, egg and put some celery in it.

 

Analyze text procedure of ‘How to make instant fried noodles’

 

Tools and materials :

  • Saucepan
  • Water
  • Noodles
  • Seasoning
  • Oil
  • Plate
  • Chili sauce
  • Soy-bean sauce
  • Fried onion
  • Tomato
  • Egg
  • Celery

 

Method :

  • Heat
  • Put
  • Cooked
  • Take out
  • Drain
  • Mix
  • Serve
  • Garnish
  • Slice

 

Connectors :

  • First
  • Then
  • Meanwhile
  • After that
  • Don’t forget to
  • Next
  • Finally

 

  1. VII.          Media : Tools and materials to make a cup of tea

 

  1. VIII.       Teaching-Learning Activities

 

 

 

Activity Number

Description

Time Allocation

 

Kegiatan Awal

 

 

1.

Guru menanyakan kepada siswa beberapa pertanyaan seperti:

  • Do you like tea?
  • Usually, in the morning or in the night we can drink a cup of tea?

Kemudian, guru menyuruh seorang siswa maju ke depan kelas untuk mendemonstrasikan cara membuat secangkir teh dan mengikuti instruksi yang akan di sebutkan oleh siswa lainnya.

 

 

 

2 menit

 

Kegiatan Inti

 

1.

Guru mulai menjelaskan materi pembelajaran yang akan dibicarakan yaitu penjelasan tentang teks procedure.

6 menit

 

2.

Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 2 orang siswa di setiap kelompok tersebut. Kemudian, guru memberikan sebuah teks procedure yang mana teks tersebut harus dilengkapi di beberapa bagian yang telah di kosongkan agar menjadi sebuah teks procedure yang baik dan benar.

 

 

1 menit

 

3.

Guru menjadi speaker dalam memberikan tugas tersebut kepada siswa agar siswa dapat mendengarkan dan memahaminya dengan baik dan benar ketika melengkapi isi dari teks procedure tersebut. Kemudian guru menyuruh untuk menganalisis apa-apa saja yang ada pada tools and materials, method, dan connection di dalam teks procedure tersebut.

 

 

5 menit

 

Kegiatan Akhir

 

1.

Guru mengulang kembali dalam menjelaskan tujuan teks procedure dan memberikan tugas untuk dikerjakan  di rumah masing – masing.

1        menit

 

 

 

 

 

  1. IX.             Sumber Pembelajaran

Buku cetak Look Ahead 1 An English Course for Senior High School Student Year X.  

( Hal: 64, 71 dan 88 )

 

 

Evaluation

 

Make your own text procedure and act out one of these making the following instruction you have learned.

 

1)      You are at home. You’ll have a graduation party tomorrow. So, you will make some kinds cake for your friend. You try to make a tart cake and you must following instruction to how your way make it.

2)      Your mother to order you make a cup of coffee for your father.

 

X.        Assessment

      

No

Nama Siswa

Aspek Yang Dinilai

Mikro

Makro

Intonasi (sarkasme, sinis, marah, sedih, kecewa)

Fungsi Struktur

Membedakan antara Fonem

Informasi Spesifik

Ide Utama

Petunjuk (direction)

Perintah

(instruction)

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                                    Langsa, 5 April 2012

Kepala Sekolah                                                                              Guru Bidang studi

SMA Negeri Citra Bangsa                                                             Bahasa Inggris

                             

 

Nelly Badriah, M. Hum                                                                Astia Lili Erminda                   

NIP. 19711111 199803 2004                                                         NIM. 140900396


 

 

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: