Micro Teaching RPP part 1 (Astia Lili Erminda)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah           :  SMA Negeri Citra Bangsa

Kelas/Semester          :   X/ I

Nama Pelajaran        :  Bahasa Inggris

Skill/Fokus                 :  Berbicara

Waktu                        :  15 menit

 

  1. I.         Standar Kompetensi

 

Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

  1. II.      Kompetensi Dasar

Mengungkapkan makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/undangan, menerima janji, dan membatalkan janji.

  1. III.   Tujuan Pembelajaran
  1. 1.  Kognitif

Produk                  :    Mengetahui dengan benar ajakan/undangan, menerima dan menolaknya.

Proses                   :    Memahami berbagai ungkapan tentang ajakan/undangan, menerima dan menolak.

  1. 2.  Psikomotor
  1. Melafalkan dengan benar ungkapan-ungkapan ajakan/undangan, menerima dan menolak dalam percakapan.
  1. Merespon dan mendemonstrasikan berbagai ungkapan tentang ajakan/undangan, menerima dan menolak dalam percakapan.
  1. 3.    Afektif (Karakter social dan individu)

Karakter

  1. Ikut serta dalam semua aktivitas pembelajaran selama proses pembelajaran.
  1. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Sikap

  1. Ikut serta dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada learner-centered.
  2. Bertanya dengan sopan dalam kegiatan pembelajaran didalam kelas.
  3. Mendengar pendapat orang lain dengan baik tanpa menyanggah atau memotong.
  4. Berkomunikasi dengan baik, atau apa yamg harus diucapkan, dimana, dan kepada siapa.
  5. Berpendapat secara baik dalam diskusi.
  6. IV.   Indikator

 

  1. 1.      Kognitif

Produk                  :    Mengetahui dengan benar ajakan/undangan, menerima dan menolaknya.

Proses                   :    Memahami berbagai ungkapan tentang ajakan/undangan, menerima dan menolak.

  1. 2.      Psikomotor
  1. Melafalkan dengan benar ungkapan-ungkapan ajakan/undangan, menerima dan menolak dalam percakapan.
  1. Merespon dan mendemonstrasikan berbagai ungkapan tentang ajakan/undangan, menerima dan menolak dalam percakapan.
  1. 3.        Afektif (Karakter social dan individu)

Karakter

  1. Ikut serta dalam semua aktivitas pembelajaran selama proses pembelajaran.
  1. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Sikap

  1. Ikut serta dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada learner-centered.
  2. Bertanya dengan sopan dalam kegiatan pembelajaran didalam kelas.
  3. Mendengar pendapat orang lain dengan baik tanpa menyanggah atau memotong.
  4. Berkomunikasi dengan baik, atau apa yamg harus diucapkan, dimana, dan kepada siapa.
  5. Berpendapat secara baik dalam diskusi.
  1. V.      Mode of Learning

Method                    :  Communicative Language Teaching (CLT)

Technique               :  Role-Play (Color Coded Card)

 

  1. VI.             Learning Material
  • Ungkapan ajakan/mengundang, menerima dan menolak ajakan/undangan.

Study the following expressions of offering, accepting, declining an invitation.

Inviting someone

Offering an invitation

  • I’d like you to come to dinner.
  • I’d like to ask you to come swimming.
  • Would you like to go to the theatre with me on Saturday night?
  • How about going to the football match with me tomorrow afternoon?

Accepting an invitation

  • Thank you, I’d be glad to go.
  • Yes, thank you. I’d be happy to go.
  • Thank you so much for inviting me.
  • Let’s meet at the school canteen.
  • Yes, I’d love to.
  • Sure.
  • Great.
  • All right.

Declining an invitation

  • I’m so sorry, I’ll be very busy tomorrow night.
  • I’m afraid that’s not too good for me, what about after lunch?
  • Modelling dialogues

George              : Hi, Cherry. There will be a great film tonight. It’s about Education. Why don’t you come with me?

Cherry               : Yes, I’d love to. When will you pick me up?

George              : I’ll pick you up at 7:30. Be ready.

Cherry               : OK.

  1. VII.     Media
  • Color Coded Card

 

  1. VIII.  Teaching-Learning Activities

Activity Number

Description

Time Allocation

 

Kegiatan Awal

 

1.

Guru menunjukkan beberapa kartu undangan, dan menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan undangan, seperti :

  • What kind of card is it?
  • Have you ever been invited?
  • What would you say if you want invite someone?
  • What would you say if you want to accept or refuse an invitation?

3 menit

 

Kegiatan Inti

 

1.

Guru memberikan contoh-contoh ungkapan yang dipakai untuk mengundang, menerima, dan menolak undangan di papan tulis, dan memberikan contoh dialog tentang ajakan/undangan, menerima dan menolaknya .

4 menit

2.

Beberapa siswa dipilih untuk diberikan kartu yang sudah di potong kecil dalam beraneka warna, dan mereka dipanggil sesuai dengan warna kartu yang mereka dapat. Mereka di panggil secara berpasangan. Kemudian guru memberikan kartu sesuai dengan warna yang mereka dapat yang sudah di tulisi perintah yang berhubungan dengan undangan, menerima, dan menolak undangan.

1 menit

3.

Pasangan yang dipilih, harus membaca keras perintah yang ada di kartu tersebut dan langsung memberikan respon terhadap perintah tersebut. Contoh perintahnya seperti:

  • Siswa 1 dengan kartu merah: you want to invite your friend to your birthday party. Siswa yang bersangkutan harus membaca keras perintah di kartu yang ia dapat, dan langsung memberi respon.
  • Siswa 2 dengan kartu merah: accept your friend invitation. Harus membaca keras perintah di kartu, dan memberi respon.

1 menit

4.

Siswa secara berpasangan membuat dialog tentang ajakan/undangan, menerima dan menolaknya, berdasarkan situasi yang diberikan oleh guru, dan mendemonstrasikannya di depan kelas.

4 menit

 

Kegiatan Akhir

 

1.

Siswa menyebutkan kembali ungkapan-ungkapan tentang ajakan/undangan, menerima, dan menolak.

2        menit

 

 

 

IX. Sumber Pembelajaran

 

  • Buku cetak Bahasa Inggris, Look Ahead (hal 37)

EVALUATION

Make your own dialog in pairs, and act out one of these situations using the expressions you have learned.

1)      You are at school. You’ll have a graduation party this evening. Invite the new student in your class to your party. He doesn’t want to accept, as he doesn’t know anybody. Persuade him to come.

2)      A collage invites you to have a dinner. You accept.

3)      Your English teacher invites you to go to theatre. You decline/refuse.

4)      Your mother asks you for having lunch with the family. You decline/refuse.

  1. X.           Assesment

 

No

Name

Language Skill and Komponen

Pronunciation

Grammar

Vocabulary

Fluency

Comprehension

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian Speaking

Criteria

Rating Score

Remarks

Pronunciation

5

4

 

3

 

2

 

1

Has a few traces of foreign language.

Always intelligible, though one is conscious of a definite accent.

Pronunciation problem necessitates concentrated listening and occasionally lead to misunderstanding.

Very hard to understand because of pronunciation problem, most frequently be asked to repeat.

Pronunciation problem to serve as to make speech virtually unintelligible.

Grammar

5

 

4

 

3

 

2

 

1

Make free (if any) noticeable errors of grammar and word order.

Occasionally makes grammatical or word orders errors that do not, however, obscure meaning.

Make frequent errors of grammar and word orders, which occasionally obscure meaning.

Grammar and word order errors make comprehension difficult, must often rephrase sentences.

Errors in grammar and word order, so, severe as to make speech virtually unintelligible.

Vocabulary

5

 

4

 

3

 

2

 

1

Use of vocabulary and idioms is virtually that of native speaker.

Sometimes uses inappropriate terms and must rephrase ideas because of lexical and equities.

Frequently uses the wrong words, conversation somewhat limited because of inadequate vocabulary.

Misuse of words and very limited vocabulary makes comprehension quite difficult.

Vocabulary limitation so extreme as to make conversation virtually impossible.

Fluency

5

4

 

3

 

2

 

1

Speech as fluent and efforts less as that of native speaker.

Speed of speech seems to be slightly affected by language problem.

Speed and fluency are rather strongly affected by language problem.

Usually hesitant, often farced into silence by language limitation.

Speech is so halting and fragmentary as to make conversation virtually impossible.

Comprehension

5

4

 

3

 

2

 

 

1

Appears to understand everything without difficulty.

Understand nearly everything at normal speed although occasionally repetition may be necessary.

Understand most of what is said at slower than normal speed without repetition.

Has great difficulty following what is said can comprehend only “social conversation” spoken slowly and with frequent repetition.

Can not be said to understand even simple conversational English.

 

 

Mengetahui,                                                                                     Langsa, 8 Maret 2012

Kepala Sekolah                                                                               Guru Bidang Studi

SMA Negeri Citra Bangsa                                                               Bahasa Inggris

Nelly Badriah, M. Hum                                                                  Astia Lili Erminda                   

NIP. 19711111 199803 2004                                                          NIM. 140900396

 

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: