Metodologi Penelitian B. Inggris (Astia Lili Erminda)

Definisi Konseptual Variabel adalah penarikan batasan yang menjelaskan suatu konsep secara singkat, jelas, dan tegas.

Definisi Operasional Variabel adalah penarikan batasan yang lebih menjelaskan ciri-ciri spesifik yang lebih substantive dari suatu konsep. Tujuannya: agar peneliti dapat mencapai suatu alat ukur yang yang sesuai dengan hakikat variabel yang sudah di definisikan konsepnya, maka peneliti harus memasukkan proses atau operasionalnya alat ukur yang akan digunakan untuk kuantifikasi gejala atau variabel yang ditelitinya.

Mendefinisikan variable secara operasional adalah Menggambarkan / mendeskripsikan variable penelitian sedemikian rupa, sehingga variable tersebut bersifat :

􀂾 Spesifik ( Tidak Beinterpretasi Ganda )

􀂾 Terukur ( Observable atau Measurable )

 

Contoh variable yang berinterpretasi ganda : Status Gizi. Variable ini dapat diukur dan dideskripsikan dengan bermacam kombinasi pengertian atau pengukuran, seperti :

 

􀂾 Berat Badan (BB) dengan Tinggi Badan (TB)

􀂾 BB – TB dengan Usia

􀂾 Kadar Protein serum

􀂾 Lingkar Lengan Atas dan Lingkar Kepala, dsb.

 

 

Definisi Operasional adalah mendefinisikan variable secara operasional berdasarkan karakteristik yang diamati yang memungkinkan peneliti untuk melakukan observasi atau pengukuran secara cermat terhadap suatu objek atau fenomena. (Alimul Hidayat, 2007)

Definisi Operasional ditentukan berdasarkan Parameter yang dijadikan ukuran dalam penelitian. Sedangkan cara pengukuran adalah Cara dimana variable dapat diukur dan ditentukan karakteristiknya. Sehingga dalam Definisi Operasional mencakup penjelasan tentang :

• Nama variable

• Definisi variable berdasarkan konsep/maksud penelitian.

• Hasil Ukur / Kategori

• Skala Pengukuran.

 

Contoh :

Suatu penelitian dengan judul “Faktor – factor yang mempengaruhi terjadinya hipertensi pada ibu hamil…”

Berdasarkan judul tersebut, maka Variabel bebasnya (misalnya) adalah Obesitas, Diet Tinggi Garam, Genetik dan Umur. Sedangkan Variabel terikatnya adalah Hipertensi.

Variabel adalah suatu besaran yang dapat diubah atau berubah sehingga mempengaruhi peristiwa atau hasil penelitian. Dengan menggunakan variabel, kita akan mmeperoleh lebih mudah memahami permasalahan. Hal ini dikarenakan kita seolah-olah seudah mendapatkan jawabannya. Biasanya bentuk soal yang menggunakan teknik ini adalah soal counting (menghitung) atau menentuakan suatu bilangan. Dalam penelitian sains, variable adalah bagian penting yang tidak bisa dihilangkan. 

 

Berikut ini adalah pengertian dan definisi variabel:

 

# SUTRISNO HADI

Variabel adalah objek penelitian yang bervariasi, misalnya jenis kelamin karena jenis kelamin mempunyai variasi laki-laki dan perempuan

 

# FREDDY RANGKUTI

Variabel adalah konsep yang emmpunyai variasi nilai, maka nilai variabel dapat dibedakan menjadi empat tingkatan skala, yaitu: nominal, ordinal, internal, dan rasio

 

# ANONIM

Variabel adalah pengenal yang digunakan untuk menyimpan suatu nilia sementara pada memori

 

# TIA MUTIARA

Variabel adala sesuatu yang menjadi pusat atau fokus perhatian, yang memberikan pengaruh dan memiliki nilai sehingga dapat berubah. Variabel dapat disebut juga peubah. Variabel merupakan objek penelitian yang dapat menentukan hasil penelitian

 

# BAGJA WALUYA

Variabel merupakan konsep yang tidak pernah ketinggalan dalam setiap penelitian. Variabel didefinisikan sebagai gejala yang bervariasi

 

# SUGIARTO

Variabel adalah karakter yang akan diobservasi dari unit amatan yang merupakan suatu atribut dari sekelompok objek dengan ciri adanya variasi antara satu objek dengan objek yang lain dalam kelompok tertentu

 

# ROBBINS PEARSON

Variabel adalah semua karakteristik umum yang dapat diukur dan dapat berubah dalam keluasan, intensitas, atau keduanya.

 

# EDDY SOERYANTO SOEGOTO

Variabel merupakan objek penting dalam riset pemasaran karena tanpa kehadiran variabel maka riset tidak dapat terlaksana.

 

# ANONIM

Variable merupakan sarana untuk memperoleh pemahaman tergadap masalah yang sedang diteliti secara benar. Dengan emnggunakan variable-variable tertentu, peneliti menguji benar atau tidaknya asumsi dan rumusan masalah yang sebelumnya sudah dibuat.

 

 

Apa yang dimaksud dengan “Definisi operasional variabel”?

Variabel dapat didefinisikan dengan dua cara. Ada definisi konsep dan ada definisi opersional. Yang dimaksud definisi konsep adalah definisi yang telah menjadi teoriTeori ini ada dalam setiap buku teks yang disarankan oleh para dosen (sesuai bidang ilmu masing-masing).

                     

Misalnya, menurut pendapat X, motivasi adalah….., perilaku konsumen adalah…., perilaku organisasi adalah…., pelatihan adalah……, strategi produk adalah…., penetapan harga adalah….., promosi adalah…., distribusi adalah….kepuasan konsumen adalah…..lingkungan kerja adalah….., kepuasan kerja adalah…., produktivitas adalah…., kinerja adalah……, pelanggan adalah…., konsumen adalah…, pasar adalah…penjualan adalah…..dll

 

Definisi operasional variabel adalah pengertian variabel (yang diungkap dalam definisi konsep) tersebut, secara operasional, secara praktik, secara riil, secara nyata dalam lingkup obyek penelitian/obyek yang diteliti.

 

Operationalization is the process of strictly (dengan tegas) defining variables into measurable factors. The process defines fuzzy (samar) concepts and allows them to be measured, empirically (secara berdasarkan pengalaman) and quantitatively. 

 

Operasionalisasi (variable) adalah proses mendefinisikan variable dengan tegas, sehingga menjadi faktor-faktor yang dapat diukur. Mengapa? Sebab, definisi “konsep” bagi penikmat/pembaca hasil riset (apalagi orang awam), masih samar (fuzzy). Dengan demikian, operasionalisasi variable atau mendefinisikan variablesecara lebih tegas, sangat penting untuk dilakukan.

 

Perhatikan ilustrasi hipotesis (penelitian) berikut!

 

Anak-anak tumbuh lebih cepat jika mereka mengkonsumsi sayuran

 

Apa yg dimaksud dengan pernyataan tersebut? Siapa anak-anak yang dimaksud dalam penelitian itu? Apakah mereka dari Amerika, Indonesia, Afrika? Ada begitu banyak anak-anak di dunia, bagaimana anda mendefinisikan sampel penelitian?

 

Bagaimana statemen “tumbuh” didefinisikan? Bertambah berat, tinggi, tumbuh secara mental, atau tumbuh lebih kuat? Bagaimana kemudian kita mendefinisikan sampel penelitian?

 

Lalu kata “lebih cepat”. Bagaimana mengukur/melihatnya? Unit atau skala waktu apa yang akan digunakan? Lalu kata “sayuran”. Begitu banyak ragam sayuran yang ada di dunia ini. Sayuran mana yang anda teliti?

 

Inilah mengapa sebabnya “operasionalisasi variable” menjadi bagian yang sangat penting dilakukan dalam sebuah penelitian. Tiap faktor yang secara konsep masih samar, harus dibuat definisinya dengan lebih tegas. hal ini akan sangat terkait dengan pengambilan sample penelitian.

 

Selama pembaca masih meraba-raba, masih belum jelas, itu berarti definisi anda belum mencapai “definisi operasional” (masih berkutat pada definisi konsep).

 

 

Operasional merupakan salah satu instrumen dari riset karena merupakan salah satu tahapan dalam proses pengumpulan data. Definisi dari operasional menjadikan konsep yang masih bersifat abstrak menjadi operasional yang memudahkan pengukuran variabel tersebut. Sebuah definisi operasional juga bisa dijadikan sebagai batasan pengertian yang dijadikan pedoman untuk melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan penelitian. 

 

 

Berikut ini adalah pengertian dan definisi operasional:

 

# WIDJONO HS

Operasional adalah batasan pengertian yang dijadikan pedoman untuk melakukan sesuatu kegiatan atau pekerjaan

 

# RHONDA ABRAMS & ALICE LAPLANTE

Operasional merupakan aspek yang penting karena tanpanya, tidak ada yang bisa anda kerjakan

 

# NURSALAM

Operasional adalah definisi berdasarkan karakteristik yang diamati dari sesuatu yang didefinisikan tersebut

 

# ASEP HERMAWAN

Definisi operasional merupakan penjelasan bagaimana kita mengukur variable. Pengukuran tersebut dapat dilakukan dengan angka – angka atau atribut – atribut tertentu

 

# BUDI PRANATA

Operasional adalah kuantitas atau jumlah yang tdk cocok

 

# WALIZER & WIENIR

Definisi operasional adalah seperangkat petunjuk yang lengkap tentang apa yang harus diamati dan bagaimana mengukur suatu variabel atau konsep definisi operasional tersebut membantu kita untuk mengklasifikasi gejala di sekitar ke dalam kategori khusus dari variable

 

# HOOVER

Definisi operasional memuat identifikasi sifat-sifat sesuatu hal (variabel) sehingga dapat digunakan untuk pebelitian (observasi)

 

# NANI DARMAYANTI

Definisi operasional adalah rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan dan penelitian karya ilmiah

 

# HUSEIN UMAR

Definisi operasional adalah penentuan suatu construct sehingga ia menjadi variable atau variabel-variabel yang dapat diukur

 

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: