RPP by T.M.Juanda

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Nama Sekolah           : SMA DI UJUNG LANGSA

Kelas/Semester          : XI

Nama Pelajaran        : Bahasa Inggris

Skill/Fokus                 : Menulis

Alokasi Waktu           : 15 Menit

 

  1. I.                   StandarKompetensi

Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

  1. II.                KompetensiDasar

Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam kalimat berbentuk: simple present tense.

 

  1. III.             Tujuanpembelajaran
    1. 1.      Kognitif

Produk: Siswa mampu untuk menyusun dan menulis kalimat berbentuk simple present tense.

Proses: Siswa dapat memahami cara penulisan kalimat berbentuk  simple present tense.

 

  1. 2.      Psikomotor
    1. Menulis kalimat berbentuk simple present tense dengan baik dan benar.
    2. Menyusun beberapa kalimat berbentuk simple present tense.

 

  1. 3.      Afektif (karakter social dan individu)

Karakter

  1. Ikut serta dalam semua aktifitas pembelajaran selama proses pembelajaran.
  2. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

 

Sikap

  1. Ikut serta dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada learned-centered.
  2. Bertanya dengan sopan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
  3. Mendengarkan dengan baik apa yang dijelaskan guru.
  4. Berkomunikasi dengan baik, tau apa yang harus diucapakan, dan kepada siapa.
  5. Berpendapat secara baik dalam diskusi.

 

  1. IV.             Indicator
    1. 1.      Kognitif

Produk: siswa mampu memahami penulisan dan perubahan bentuk kalimat simple present tense.

Proses: siswa mampu menulois langkah-langkah menulis kalimat simple present tense.

 

  1. 2.      Psikomotor
    1. Menulis kalimat simple present tense dengan baik dan benar.
    2. Menyusun beberapa kalimat berbentuk simple present tense.

 

  1. 3.      Afektif (karakter social dan individu)

Karakter

  1. Ikut serta dalam semua aktifitas pembelajaran selama proses pembelajaran.
  2. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

 

 

Sikap

  1. Ikut serta dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada learned-centered.
  2. Bertanya dengan sopan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
  3. Mendengarkan dengan baik apa yang dijelaskan guru.
  4. Berkomunikasi dengan baik, tau apa yang harus diucapakan, dan kepada siapa.
  5. Berpendapat secara baik dalam diskusi.

 

 

  1. V.                Learning Material

Simple Present Tense

 

Kalimat positive

Rumus: subject + verb1/verb-s/es

 

Contoh:

–          I go to the library everyday (saya pergi ke perpustakaan setiap hari)

–          He learns English almost everyday (dia belajar bahasa Inggris hampir setiap hari)

–          Luna brushes teeth every morning (luna menggosok gigi setiap pagi)

 

Kalimat negative

Rumus: subject + do/does + not + verb1

 

Contoh:

–          I do not drink coffee

–          She does not drink coffee

 

Kalimat Tanya

Rumus: do/does + subject + verb1

 

Contoh:

–          Do you drink coffee?

–          Does she drink coffee?

 

 

  1. VI.             Mode of Learning

Method     : Cooperative Learning

Technique :

 

  1. VII.          Media:

 

  1. VIII.       Teaching-Learning activities

Activity

Number

 

Description

 

Time Allocation

 

KegiatanAwal

 

 

 

 

 

 

1

Guru menunjuk beberapa siswa dan menanyakan pertanyaan tentang apa kegiatan sehari-hari mereka, seperti:

–          Do you brush the teeth everymorning?

–          Do you drink a tea everyday?

Kemudian guru bertanya kepada seluruh siswa di dalam kelas seperti:

-Dari pertanyaan yang saya tanyakan pada teman-teman kalian, siapa yang mengetahui jenis waktu apa yang saya gunakan?

-Kapan jenis waktu ini digunakan?

 

 

 

 

 

 

3 Menit

 

KegiatanInti

 

 

 

 

1

Guru menjelaskan materi pembelajaran yang akan dibahas yaitu penggunaan simple present tense, rumus dan contoh dari simple present tense dalam bentuk kalimat dan juga cerita daily activity. Setelah guru selesai menjabarkan materi, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya seputar materi yang sedang dibahas.

 

 

 

 

6 Menit

 

 

2

Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiridari 5-6 orang. Kemudian guru memerintahkan siswa untuk menulis kalimat-kalimat sesuai dengan bentuknya (positive, negative, introgative) di papantulis.

 

 

 

3 Menit

 

3

Guru menyuru siswa untuk menganalisa kalimat tersebut (dan meminta siswa menjelaskan alasannya).

 

2 Menit

 

KegiatanAkhir

 

 

1

 

Guru memberikan tugas pada siswa untuk dikerjakan di rumah masing-masing.

 

1 Menit

 

  1. IX.             Sumber Pembelajaran

Buku cetak Bahasa Inggris,  TOEFL (hal 62)

 

  1. X.                Evaluation

N  Tulis dan tempatkan kalimat di bawah ini sesuai dengan posisinya ( Positive, negative atau interrogative)!

N  I go to the campus everyday

N  He catches snake almost every Sunday

N  Shinta does not pray everyday

N  We do not talk English in campus everyday

N  Does doni play football every afternoon?

N  Do you eat somay everyday?

 

 

 

 

 

  1. I.                   Assessment

 

No

 

Name

Language Skill and Component

 

Content

 

Organization

 

Vocabulary

Language

use

 

Mechanics

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

RubrikPenilaian Writing:

 

  

Criteria

Rating

Score

 

Remarks

Content

27-30

 

 

 

 

22-26

 

 

 

 

17-21

 

 

 

 

      13-16

Excellent to very good

It is for the students with some knowledge of the subject matter adequate of range development, mostly relevant to topic sentence, but ack of the detail

 

Good to average

It is for the students with some knowledge of the subject and adequate of range development omitted, but ack of the detail

 

Fair to poor

It is for the students with limited knowledge of the subject. Little substantive, inadequate development of subject

 

Very poor

It is for the students who do not show knowledge of the subject, non substantive, not pertinent or not enough to evaluate

 

Organization

18-20

 

 

 

14-17

 

 

 

10-13

 

 

 

7-9

Excellent to very good

Provide fluent expression, ideas clearly stated, sentence are organized and logical sequence cohesion

 

Good to average

Somewhat choppy-loosely organized but main ideas stand out

 

Non-influent ideas

Confused or disconnected, lack logical sequencing and development

 

Very poor

Doesn’t communicate, no organization or not enough to evaluate

Vocabulary

18-20

 

 

 

14-17

 

 

 

10-13

 

 

 

7-9

Excellent to very good

Student with sophisticated range effectively word from, the imitative appropriate register

 

Good to average

Adequate range-occasional errors, meaning not obscured

 

Fair to poor

Limited range, frequent errors of word or idiom, usage, meaning confused or obscured

 

Very poor

Lack of essential translation, little knowledge of English

 

Language use

22-25

 

 

 

 

18-21

 

 

 

11-17

 

 

 

 

 

 

5-10

Excellent to very good

Effective complex construction-few errors arrangement, tense, number, word order/function, articles, pronouns, preposition

 

Good to average

Some effective complex construction, frequent errors on the use of sentences elements

 

Fair to poor

Major problem in simple complex construction, tense, word order/function, articles, pronouns, preposition, meaning, confused and obscured, articles, pronouns and/or fragments detections=meaning confused and obscured

 

Very poor

Usually the matter construction rules dominated by errors, does not communicate, not enough to evaluate

 

Compnsion

5

 

 

 

4

 

 

 

3

 

 

 

 

2

Excellent to very good

Demonstrates mastery of punctuation, few error in capitalization and hard writing

 

Good to average

Occasionally errors of punctuation, capitalization, writing sentence, but meaning not obscured

 

Fair to poor

Frequent error of punctuation, capitalization, writing sentence, poor hard-writing-meaning confused or obscured

 

Very poor

No mastery of connection, dominated by errors of spelling, punctuation, capitalization, paragraphing and writing illegible or not enough to evaluate

 

 

 

 

Mengetahui:                                                                            Langsa, 05 mei 2012

Kepalasekolah                                                                         Guru Bidang Studi

SMA DI UJUNG LANGSA                                                  Bahasa Inggris

 

                                                                                                           

H.Ngibul,M.ba                                                                       TM.JUANDA       

NIP.8878787878                                                                    NIP.000000000

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: