RPP Micro III (widya nanda)

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

      Nama Sekolah     : SMA Tendangan Si Madun Jakarta

      Kelas/Semester     : XI/I

      Nama Pelajaran  : Bahasa Inggris

      Skill/Fokus           : Berbicara

      Alokasi Waktu     : 15 Menit

 

  1. I.                   Standar Kompetensi

Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

  1. II.                Kompetensi Dasar

Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam kalimat berbentuk: Conditional sentence.

  1. III.             Tujuan Pembelajaran
    1. 1.      Kognitif 

Produk: Siswa mengetahui dengan baik cara mengungkapkan kalimat

berbentuk Conditional sentence.

Proses: Siswa dapat mengungkapkan kalimat berbentuk Conditional Sentence.

  1. 2.      Psikomotor
    1. Mengungkapkan dengan benar kalimat berbentuk Conditional Sentence.
    2. Merespon dan mendemonstrasikan berbagai bentuk kalimat conditional sentence.
  1. 3.      Afektif (karakter social dan individu)

Karakter      

  1. Ikut serta dalam semua aktifitas pembelajaran selama proses pembelajaran.
  2. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Sikap

  1. Ikut serta dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada learned-centered.
  2. Bertanya dengan sopan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
  3. Mendengarkan dengan baik apa yang dijelaskan guru.
  4. Berkomunikasi dengan baik, tau apa yang harus diucapkan, dan kepada siapa.
  5. Berpendapat dengan baik dalam diskusi.
  1. IV.             Indicator
    1. 1.      Kognitif

Produk: Siswa mampu mengungkapkan kalimat-kalimat yang berbentuk

Conditional sentence.

Proses: Siswa mampu memahami langkah-langkah dalam mengungkapkan

Conditional sentence.

  1. 2.      Psikomotor
    1. Mengungkapkan dengan benar kalimat berbentuk Conditional Sentence.
    2. Merespon dan mendemonstrasikan berbagai bentuk kalimat conditional sentence.

                  3.    Afektif (karakter social dan individu)    

Karakter      

  1. Ikut serta dalam semua aktifitas pembelajaran selama proses pembelajaran.
  2. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Sikap

  1. Ikut serta dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada learned-centered.
  2. Bertanya dengan sopan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
  3. Mendengarkan dengan baik apa yang dijelaskan guru.
  4. Berkomunikasi dengan baik, tau apa yang harus diucapkan, dan kepada siapa.
  5. Berpendapat dengan baik dalam diskusi.
  1. V.                Learning Material

Conditional sentence are

There are two kinds of conditional sentence:

  1. 1.      Factual/Real Conditionals

When you are talking about something which may possibly happen in the future, you use this type of conditional.

Condition

Result

If

Subject

V(present)

,

Subject

will

Verb 1 + Object

If

I

See her

,

I

will

Buy her some books

  1. 2.      Unreal/Contrary-to-fact Conditional

When you are talking about something that you think is unlikely to happen, you use this type of conditional.

Condition

Result

If

Subject

V(past)

,

Subject

Would +

Verb 1 + Object

If

If

I

I

had a cellphone

were a teacher

,

,

I

I

would

would

call him

punish her

The fact is:

  • I don’t have a cellphone, so I won’t call him.
  • I am not a teacher, so I won’t punish her.
  1. VI.             Mode of Learning

Method: Communicative Language Learning.

Technique:

  1. VII.          Media: Card
  1. VIII.       Teaching-Learning activities
Activity Number

 

Description

 

Time Allocation

 

Kegiatan Awal

 

1

Guru menceritakan kepada siswa tentang mimpinya yaitu mimpi mendapatkan banyak uang. Kemudian setelah selesai menceritakan mimpinya, guru pun bertanya pada beberapa siswa:

N  What would you do, if you got much money like my dream last night?

Kemudian guru bertanya pada seluruh siswa di dalam kelas:

N  Dari pertanyaan saya dan jawaban dari teman-teman kalian tadi, siapa yang mengetahui kalimat apa yang digunakan?

N  Kalimat ini digunakan untuk apa?

3 Menit

Kegiatan Inti

 

1

Guru menjelaskan materi pembelajaran yang akan dibahas yaitu pengertian dari conditional sentence, rumus dan contoh dari conditional sentence. Setelah guru selesai menjabarkan materi, guru memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya seputar materi yang sedang dibahas.

6 Menit

2

 Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3-4 orang. Kemudian guru menyuru perwakilan dari masing-masing kelompok untuk memilih satu kartu dari beberapa kartu yang berisi sebuah pertanyaan yang telah disediakan guru. Setelah itu perwakilan dari masing-masing kelompok tersebut menanyakan pertanyaan tadi pada teman-teman sekelompoknya.

3 Menit

3

Guru menunjuk satu orang perwakilan dari setiap kelompok untuk maju dan menceritakan jawaban apa yang mereka dapat dari teman-teman sekelompoknya tentang pertanyaan tadi.

2 Menit

                           Kegiatan Akhir

 

1

Guru menjelaskan kembali materi yang telah dibahas dan memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah.

1 Menit

  1. IX.             Sumber Pembelajaran

Buku cetak Bahasa Inggris, Look Ahead (hal 37-39)

  1. X.                Evaluation

Ask your friend what they would do in this situation. Tell your friends’ answer in front of class. Choose one of these questions.

N  What would you do if you won a lottery of 50 million rupiahs?

N  What would you do if you were the president of this country?

N  What would you do if you met your idol?

N  What would you do if you got much money on the street?

N  What would you do if you lost your hand phone?

  1. I.                   Assessment

No

Name

                               Language Skill and Component
Content

Organization

Vocabulary

Language

use

Mechanics

1

2

3

4

5

 

 

Mengetahui:                                                                                        Jakarta, 06 Mei 2012

Kepala Sekolah                                                                                   Guru Bidang Studi

SMA Tendangan Si Madun Jakarta                                                    Bahasa Inggris

Udin Nganga, MA                                                                             Widya Nanda                        ,

NIP.84638237.4835.131.009                                                           NIP.081191.8811.991.009

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: